everyday's tidbits

Sunday, July 09, 2006

Terobsesi dengan Mozilla Thunderbird

Beberapa bulan lalu, aku diperkenalkan pada Mozilla Thunderbird oleh seorang teman. Kurasa semua sudah pada tahu, Mozilla Thunderbird adalah salah satu software-nya Mozilla, yang merupakan email software, seperti Microsoft Outlook atau Netscape Messenger atau Eudora, etc.

Dulu, waktu pertama kali kenal internet, tahun 2000, aku pakai Microsoft Outlook. Kemudian, karena browsing dengan Internet Explorer adalah pengalaman yang menyebalkan, bahkan sampai sekarang juga masih menyebalkan, aku kemudian meng-install browser Netscape Navigator, sekaligus email software-nya Netscape Messenger. Aku langsung suka dengan Netscape Messenger, dan asiknya, Norton Antivirus bisa diintegrasikan dengan email software ini. Netscape Messenger ini aku pakai cukup lama, sampai 2001 akhir, kalau tidak salah. Waktu itu Yahoo!Mail masih bisa di pop3. Bisa diforward juga. Jadi waktu itu semua email berbasis web aku forward ke email addressku di ISP, lalu ditarik pake Netscape Messenger. Kemudian tiba masanya Yahoo!Mail menghentikan fasilitas POP3 dan Email Forwarding. Aku pun berhenti memakai email software, dan mengakses email langsung di web. Email-email jadi banyak yang tidak terbaca, karena malas sekali bacanya online.

Nah, baru tahun ini, ketika aku mulai coba-coba nge-blog dan mulai suka baca blog dan newsfeed, aku merasa memerlukan 1 email software yang bisa tarik RSS Feed dengan memuaskan. Apalagi ketika kemudian aku menemukan situs yang menunjukkan cara mem-POP Yahoo!Mail yang beralamat di yahoo.com (bukan yahoo.com.sg). Nah, di sinilah temanku mengusulkan pake Mozilla Thunderbird. Untuk browser aku tetap pakai Opera, karena serasa lebih mudah dan cepat dan simpel daripada Mozilla Firefox.

Sejak meng-install Thunderbird dan YPOP, aku jadi ketagihan. Sekarang browsing hanya kalau mau menulis blog atau kalo mau ngintip blog teman-teman. Sisanya, dihabiskan buat mengisap RSS feeds dan semua email di yahoo.com, termasuk semua email milis-milis Yahoo!Groups yang di-Daily Digest. Tagihan internet (yang sedihnya masih dial-up, hiks hiks) jadi menurun :)

Tapi sebaliknya, waktu untuk membaca RSS feeds dan email serta postingan milis jadi meningkat, karena bacanya offline. Rasanya kalo belum buka Thunderbird, mendownload dan membaca itu semua di pagi hari dan malam hari, serasa ada yang kurang. Aku berlangganan 39 RSS feeds (sebagian besar dari Reuters, BBC, NYT, dan Blogcritics, kemudian dari beberapa situs gadgets dan internet, beberapa situs dan blog buku, dan tentu saja wikiHow), men-daily digest 4 milis, serta mendownload satu-satu dari 9 milis yang tidak serame keempat milis yang ku-daily digest. Gara-gara ini, aku jadi kurang waktu untuk membaca buku :( Waktu membaca hanya bisa sepanjang perjalanan pergi-pulang ke kantor (jarak rumah-kantor 1 jam).

Ada gak terapi/solusi/obat mengatasi ketagihan Thunderbird? Hehehe.... This does not mean that I want to be cured, mind you :)

19 Comments:

  • At 7/18/2006 09:05:00 PM

    Ada aja bos obatnya.. cari co yg jadi thunder n kau jadi bird nya.. nah kan gak d laptop lg,.. sapa sie yg ngenalin tu thunderbird sampe kau ketagihan.. sayang kau gak pake firefox jg.. :(

     
  • At 7/18/2006 09:25:00 PM

    apaan sih cowok thunder. kesambet nanti. siapa sih ya yang mengenalkan, orang ntu menyebalkan sekali deh. nanti kalau aku ketemu orangnya aku lempar pake linggis :D firefox? maaf ya, kalah sama opera.

     
  • At 7/20/2006 06:47:00 AM

    internet explorer dari sini lemotnya minta ampun. cuma memang untuk create a post di blogger, aku pake IE, soalnya di Opera-ku, add image icon-nya gak muncul. lagian Opera-ku memblok pop-up.

    yepp, bisa di-pop, check this site:
    http://opensourcearticles.com/thunderbird_15/english/part_10

    tinggal duduk santai. sekarang semua milisku ku-daily digest aja, tidak lagi baca via web.

     
  • At 7/23/2006 02:23:00 AM

    lupa nyebut, nice shoes, rey (itu transparan atau...?)

     
  • At 7/23/2006 10:17:00 PM

    hahaha... thanks mina. itu sepatu bot karet. biasanya kalo buat orang proyek warnanya item ato abu-abu. karna ini ijo terjadilah... dua kombinasi yg mematikan buatku: sepatu & hijau. aaaaaaawww! tadinya mo buat gardening, tp kadang2 kalo lg kumat anehnya, suka aku pake di rumah juga buat mondar-mandir dari lounge ke dapur ke kamar mandi hihihi =)

     
  • At 7/24/2006 08:16:00 PM

    iya, aku juga suka tanderbert. apalagi ada fasilitas RSS Readernya.

    berarti kita sama... ;)

     
  • At 7/25/2006 08:01:00 AM

    sama mozilla firefox bagus mana?

     
  • At 7/25/2006 05:50:00 PM

    @ tika:
    maksudmu bagusan mana Mozilla Firefox sama Opera ya? kalo bagus2an gak tau sih, cuma aku kok lebih nyaman dengan Opera ya :D sudah bertaon2 sih pake ini.

     
  • At 7/31/2006 01:08:00 AM

    cobain moilla aja.. kali2 bisa terobsesi juga :P

     
  • At 7/31/2006 06:45:00 AM

    outlook (bukan outlook express) lumayan komplit organizernya. enaknya gampang sinkronisasi dg mobile gadgets macem henfon ato pda ;)

     
  • At 8/01/2006 12:11:00 AM

    @hengky:
    aku ini memang mudah terkagum2, lalu terobsesi dengans esuatu :p

    @fahmi:
    microsoft outlook, maksudmu ya? aku pernah pake, kurang suka sih. malah pindah ke netscape messenger habis itu.

     
  • At 8/02/2006 01:39:00 PM

    nggak apa2 kalau hanya terkagum-kagum.. tapi kalau terobsesi.. nah itu baru.. kecuali terobsesinya sama sesuatu yang gratis Xp

     
  • At 8/06/2006 10:27:00 AM

    Lam kenal...:)
    wah, belum coba Thunderbird.. tak lihat2 dulu..
    doel

     
  • At 8/08/2006 07:18:00 PM

    aku dah nyoba mozilla, yang ajaib itu, gak bisa tuh buat gmail, ajaib kan??
    padahal dah cari guidance nya, gak sukses juga. sebal!

    by the way, aku juga pakai mozilla firefox, dan ndak bisa beralih ke lain hati, hehehehehe (dulu pernah pakai opera, tapi lebih betah pakai firefox, hehehe)

     
  • At 8/08/2006 09:15:00 PM

    bisa, bo. aku download gmail pake tanderbert kok. jangan2 kamu lupa mensetting pop3 nya di gmail?  

    Posted by mina

     
  • At 8/16/2006 11:57:00 PM

    one question only: POP3 itu apaan sih? udah pernah mo nyoba pake Mozilla Thunderbird, tapi ga pernah ngerti cara mengintegrasikannya..mirip Outlook kan ya? btw salam kenal yah

     
  • At 8/17/2006 09:13:00 AM

    salam kenal gerry :)
    POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk ngambil email dari suatu server. Jadi kita bisa ngambil email pake program di komputer (macam Outlook Express/MS Outlook, Netscape Messenger, OperaMail, Mozilla Thunderbird), lalu membacanya offline. Terntu ini hanya bisa dilakukan bila penyedia jasa email-nya menyediakan fasilitas POP3, seperti gmail.com. Yahoo.com dulu masih POP3, sekarang tidak lagi, makanya agar masih pake yahooMail, aku mendownloadnya pake program perantara: YPOP :) 

    Posted by mina

     
  • At 10/14/2006 01:41:00 PM

    setuju!! gw juga pake thunderbird, karena kemampuan RSS readernya ok!!
    tentang email kenapa mbak gak coba gmail aja, lbh oke lagi lho...
    browser? hmmm gw masih suka firefox..karena lbh save aja... 

    Posted by b0wo

     
  • At 10/14/2006 01:42:00 PM

    setuju!! gw juga pake thunderbird, karena kemampuan RSS readernya ok!!
    tentang email kenapa mbak gak coba gmail aja, lbh oke lagi lho...
    browser? hmmm gw masih suka firefox..karena lbh save aja...

     

:
:
:

BloggerHacks

<< Home